Pada kesempatan ini, saya akan share mengenai struktur dan fungsi komputer. Secara umum struktur komputer terdiri dari empat komponen, yaitu Device I/O, Processor, Memory dan Address Bus.
Struktur Umum Komputer |
- Device I/ODevice I/O merupakan koneksi sistem dengan dunia luar. Contoh device I/O yaitu keyboard dan mouse sebagai user input, display sebagai user output, disk drive (disk) sebagai penyimpan data, dan program jangka panjang. Setiap device I/O terhubung dengan bus I/O melalui controller atau adapterController : chip set dalam device tersebut atau pada motherboardAdapter : card yang dipasang pada slot motherboard.
- Processor (Central Processing Unit – CPU)Merupakan mesin yang menginterpretasikan (mengeksekusi) instruksi yang tersimpan dalam memori. Sejak komputer dinyalakan hingga dimatikan kembali, processor selalu melakukan hal yang sama, yaiutu : membaca instruksi dari memori, menginterpretasikan bit-bit instruksi, mengeksekusi operasi sederhana yang direpresentasikan oleh instruksi, mengambil instruksi berikutnya dari memori, dan seterusnya.
- MemoryMemori merupakan tempat penyimpanan sementara program dan data yang sedang digunakan ketika prosesor mengeksekusi program tsb. Secara fisik, memori utama terdiri dari kumpulan chip Dynamic Random Access Memory (DRAM). Secara logika, memori disusun sebagai urutan byte, yang masing-masing memiliki alamat unik.
- Address Bus
Address bus merupakan kumpulan jalur yang membawa byte-byte data dan informasi antar komponen. Data dan informasi di-transfer dalam potongan byte berukuran tetap yang disebut word (word size)
Sistem Intel Pentium word size 4 byte Sistem Intel Pentium, word size = 4 byte
Sistem server Intel Itanium, word size = 8 byte
Sistem embedded, word size = 1 atau 2 byte
Struktur Detail Komputer IAS |
- Memory Buffer Register (MBR)
Berisi data yang akan disimpan di memori, atau digunakan untuk menerima data dari memori. - Memory Address Register (MAR)
Berisi alamat memori suatu data yang hendak ditulis dari MBR atau dibaca ke MBR. - Instruction Register (IR)
Berisi 8 bit kode instruksi yang hendak dieksekusi. - Instruction Buffer Register (IBR)
Tempat menyimpan instruksi sementara. - Program Counter (PC)
Berisi alamat dari instruksi yang hendak diambil dari memori. - Accumulator (AC) dan Multiplier Quotient (MQ)
Tempat penyimpanan sementara operand dan hasil operasi ALU.
1. Prosesor membaca instruksi dari memori, satu persatu setiap waktu (fetch).
2. Prosessor mengeksekusi setiap instruksi (execute).
Eksekusi suatu program merupakan pengulangan proses fetch dan eksekusi instruksi.
Berikut ini adalah definisi dan fungsi komputer menurut para ahli:
- Menurut Robert H. Blissmer
Komputer merupakan suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. - Menurut Donald H. Sanders
Komputer merupakan sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output, bekerjanya dikendalikan oleh program yang tersimpan di dalam penyimpanannya dan program tersebut dikenal dengan nama sistem operasi. - Menurut Williams, Sawyer
Komputer merupakan mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan.
Itulah yang dapat saya paparkan pada kesempatan ini, semoga dengan ilmu yang saya share ini dapat menambah pemahaman kita dibidang teknologi. Semoga bermanfaat dan salam sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan Berikan Komentar Anda untuk Kesempurnaan Blog ini..